Wednesday 10 November 2010

inspirasi kreatif

Bingung cari inspirasi? bingung cari suatu yang kreatif?

Berpikir kreatif dan mencari inspirasi adalah suatu hal yang paling asyik lho!

kenapa?? karena berpikir kreatif itu adalah berpikir secara bebas. Tak ada batasan bagi pemikiran-pemikiran kreatif dan inspiratif. Kreatif bisa dipaksa?

Jawabannya BISA!

kenapa tidak?

banyak sekali tokoh-tokoh terkenal yang kreatif karena kepepet.

Contohnya yaitu Jendral Sudirman, berikut kisahnya:

Dengan berbekal materi seadanya Sang Jenderal memimpin pasukannya berperang melawan tentara sekutu yang diboncengi tentara Belanda.

Dengan ditandu Jenderal Soedirman keluar masuk hutan, naik dan turun gunung memimpin pasukan, meracik strategi perang geriliya. Kurang lebih selama tujuh bulan lamanya dengan rute Yogyakarta sampai Malang.

Setelah Belanda mendapatkan informasi dari salah satu penghianat di internal pasukan Jendral Soedirman. Belanda kemudian mengepung keberadaan Jenderal Soedirman. Menyadari kondisinya dalam keadaan terjepit, Sang Jenderal tidak kehilangan akal. Seluruh anak buahnya diperintahkan memakai sarung dan peci, lalu dibuatlah scenario seolah-olah dalam ruangan itu tengah mengadakan pengajian.

Taktik ini digunakan untuk mengelabui Belanda yang akan menangkap dirinya.Dikarenakan Belanda tidak menemukan adanya tentara di sana, maka mereka pun memutuskan untuk pergi. Maka selamatlah Jendral Sudirman dan pasukannya.

“Kita Bisa Lebih Kreatif jika kita dalam keadaan terjepit oleh waktu”

Kreatif Itu Bisa Dilatih

Cara paling mudah untuk melatih rasa kreatif dalam diri kita adalah, membiasakan membaca, JANGAN MALAS :)

dan ketika kita mendapat ide, inspirasi atau suatu hal yang kreatif, segeralah abadikan berupa tulisan maupun gambar. Karena bukannya tidak mungkin suatu hal kreatif yang saat itu dinggap tidak realistis, bisa berguna di lain hari.

Yang terakhir adalah KRITISI suatu hal yang baru, baik itu dari sudut desain maupun maknanya, hal itu sangat mengasah pola pikir kita dalam menerjemahkan suatu hal. semakin luas pengalaman dan wawasan kita, semakin kreatiflah kita.

MAJU TERUS INDUSTRI KREATIF INDONESIA!

No comments:

Post a Comment